Selasa, 02 Oktober 2012

bab iii dan bab iv


1.  IMAN KEPADA HARI AKHIR.
Iman kepada hari akhir berarti mempercayai adanya akhir dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirot. Ia percaya bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan harus dimanfaat dengan baik, untuk berbuat dan beramal kebajikan sebagai bekal menuju kehidupan akhirot. Sebagai insane beriman wajib mempercayai bahwa apa yang ia perbuat di dunita kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Alloh di akhirot.
Mengenai pengertian hari akhir atau hari kiamat ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sughro dan kiamat kubro.
A.          kiamat sughro.
Pengertian kiamat sughro : Kiamat adalah akhir dari kehidupan dunia sedangkan sughro diambil dari kata shoghiro yang berarti kecil. Jadi kiamat sughro adalah kiamat secara kecil-kecilan atau akhir dari kehidupan bagi setiap makhluk hidup secara individu, misalkan ada orang mati karena sakit, kecelakaan, bencana alam dll dan ini akan menimpa seluruh makhluk hidup dengan waktu yang berbeda-beda. Sebab pada hakekatnya setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian sebagai akhir kehidupan dunia.
@ä. <§øÿtR èps)ͬ!#sŒ ÏNöqpRùQ$# 3 $yJ¯RÎ)ur šcöq©ùuqè? öNà2uqã_é& tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# ( `yJsù yyÌômã Ç`tã Í$¨Y9$# Ÿ@Åz÷Šé&ur sp¨Yyfø9$# ôs)sù y$sù 3 $tBur äo4quŠyÛø9$# !$u÷R$!$# žwÎ) ßì»tFtB Írãäóø9$# ÇÊÑÎÈ  
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Qs. Ali – imron : 185.

B.           Kiamat kubro.
Pengetian kiamat kubro : Kiamat adalah akhir dari kehidupan dunia sedangkan kubro adalah besar. Jadi kiamat kubro kubro adalah akhir kehidupan dunia secara menyeluruh, setiap makhluk hidup akan mati dalam waktu bersamaan. Dari sinilah dunia akan benar-benar berakhir dan setiap manusia akan menuju alam akhirot, alam yang kekal abadi.
Nama lain Hari kiamat atau hari akhir adalah :

1. Hari Kebangkitan Besar (Yaumul Qiyamah)
Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan dunia yang di tandai dengan hancurnya seluruh makhluk yang telah di ciptakan Allah

2. Hari Pemisah (Yaumul Fashl)
Hari kiamat juga di sebut dengan yaumul fashl ,yang artinya pemisah antara orang yang beriman dengan orang kafir.Pada hari itu manusia di kelompokkan menurut keyakinan agamanya.

3. Hari Perhitungan (Yaumul hisab)
Yaumul Hisan adalah nama lain hari kiamat yang berarti hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia.Pada hari itu ,amal manusia di hitung dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal.

4. Hari Pertemuan (Yaumul Thalaq)
Yaumul thalaq yaitu hari pertemuan manusia dengan sesamanya

5. Hari berkumpul (Yaumul Jam`i)
Yaumul Jam`i adalah hari berkumpulnya seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam sampai dengan manusia akhir Zaman untuk di tanyakan seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia.

6.Hari Berkumpul (Yaumul Mahsyar)
Yaumul Mahsyar adalah hari saat manusia di kumpulkan di padang rumput mahsyar.Padang Mahsyar adalh daratan yang sangat luas tempat berkumpulnya manusia di akhirat sejak Nabi Adam sebagai manusia yang pertama sampai manusia terakhir yang lahir ke dunia.

7. Hari Kebangkitan (Yaumul Ba`ats)
Yaumul Ba`ats adalah hari saat manusia di bangkitan dari kuburnya.Mahsyar adalah padang yang luas tempat berkumpulnya manusia setelah Yaumul Ba`ats.

8. Hari Perhitungan  (Yaumul Hisab )
Yaumul Hisab adalah hari saat datangnya perhitungan dari Allah SWT terhadap amal perbuatan manusia selama hidupnya.Perbuatan manusia akan di tanyakan oleh allah ,yang baik maupun yang buruk ,di perlihat kan semua .

9. Hari pertimbangan amal (Yaumul Mizan)
Yaumul Mizan adalah hari diadakannya timbangan amal perbuatan yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia.Tidak ada suatu amalpun yang terlewatkan .Semua akan di berikan balasan yang setimpal.
10.Hari Pembalasan (Yaumul Jaza )
Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka.

11. Hari yang menentukan (As-Sa`ah)
Hari kiamat adalah hari yang tepat dan menentukan.Terjadinya kiamat merupakan saat yang telah di rancang dan ditentukan secara akurat.Tidak akan ada kesalahan,tidak akan di mundurkan atau di majukan.Saat terjadinya telah ditentukan menurut kehendak Allah yang mengusai alam ini.

12. Hari pembalasan Agama (Yaumul Diin)
Hari kiamat adalah hari pembalasan Agama.Artinya amal perbuatan yang berkaitan dengan pengamalan agamanya akan di pertangunggjawabkan pada hari tersebut.Termasuk amal shalat,puasa ,haji,zakat,shadaqah dan sebagainya.

Selain hari-hari di atas masih terdapat penjelasan lain, namun yang terpenting bagi kita adalah kita harus senantiasa berhati-hati dalam bertindak dan berbuat, menginngat bahwa di akhirot kelak semua perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban dan seluruh organ tubuh kita akan menjadi saksi atas semua perbuatan kita dan kita tidak akan bias mengelak atau menghindar.
tPöqtƒ ßpkôs? öNÍköŽn=tã öNßgçFt^Å¡ø9r& öNÍkÏ÷ƒr&ur Nßgè=ã_ör&ur $yJÎ/ (#qçR%x. tbqè=yJ÷ètƒ ÇËÍÈ  
Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Qs. An-nur : 24.

2.  PERILAKU TERPUJI.
A.           Qonaah.
Qona’ah ialah tenang hati, maksudnya seseorang yang memiliki sifat qona’ah maka ia akan cenderung memiliki jiwa yang tenang, tenang di dalam menghadapi suatu keadaan, menyelesaikan masalah dan dalam bertindak. Meskipun demikian ia bukan berarti tidak memiliki inisiatif dan selalu pasrah dengan keadaan, justru dengan sikap yang tenang ia menjadi arif dalam mengambil sebuah keputusan, tidak mudah terpengaruh oleh suasana yang tidak menentu dan sering membuat gaduh.
Seseorang yang memiliki sifat qona’ah akan berusaha dengan sungguh-sungguh namun penuh ketenangan, ia akan bertindak sesuai prosedur dan tidak mengharapkan sesuatu yang sekiranya di luar kemampuannya, namun dia akan tetap berikhtiar melalui usaha dan do’a, semata-mata mencari ridho alloh.
B.            Tasamuh.
Tasamuh atau tenggang rasa yaitu adanya rasa peduli terhadap sesame, terhadap lingkungan sekitar dan semua makhluk ciptaan Alloh.
Khususnya terhadapa sesame manusia, ia akan menjaga dan memahami keadaan orang sekitar dengan cara mengontrol diri sendiri di dalam berbuat dan bertindak, agar apa yang ia lakukan tidak merugikan orang lain.
Diakui atau tidak sesungguhnya diberi kebebasan dalam berbuat dan bertindak akan tetap kebebasan itu tidaklah mutlak untuk dirinya, karena di balik kebebasan dirinya terdapat hak orang lain atau makhluk lain di mana hak itu pun sama seperti kita juga, apa bila kita berbuat sekehendak kita maka orang lain menjadi terganggu, demikian juga sebaliknya apa bila orang lain berkehendak semaunya maka kita pun juga akan terganggu, dari keadaan seperti inilah islam mengajarkan umatnya untuk memiliki rasa peduli terhadap sesame dan terhadap makhluk yang lain. Aturan yang berkaitan dengan sikap tenggang rasa ini telah tercantum di dalam al-qur’an dan al-hadits rosululloh saw.
   $yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷ƒuqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ  
Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. Qs. Al-hujurot : 10.
$pkšr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# $¯RÎ) /ä3»oYø)n=yz `ÏiB 9x.sŒ 4Ós\Ré&ur öNä3»oYù=yèy_ur $\/qãèä© Ÿ@ͬ!$t7s%ur (#þqèùu$yètGÏ9 4 ¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4 ¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ׎Î7yz ÇÊÌÈ  
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. . Qs. Al-hujurot : 13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar