1. IMAN KEPADA HARI AKHIR.
Iman kepada hari akhir berarti
mempercayai adanya akhir dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirot. Ia
percaya bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan harus dimanfaat dengan
baik, untuk berbuat dan beramal kebajikan sebagai bekal menuju kehidupan
akhirot. Sebagai insane beriman wajib mempercayai bahwa apa yang ia perbuat di
dunita kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Alloh di akhirot.
Mengenai pengertian hari akhir
atau hari kiamat ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sughro dan
kiamat kubro.
A.
kiamat sughro.
Pengertian kiamat sughro : Kiamat
adalah akhir dari kehidupan dunia sedangkan sughro diambil dari kata shoghiro
yang berarti kecil. Jadi kiamat sughro adalah kiamat secara kecil-kecilan atau
akhir dari kehidupan bagi setiap makhluk hidup secara individu, misalkan ada
orang mati karena sakit, kecelakaan, bencana alam dll dan ini akan menimpa
seluruh makhluk hidup dengan waktu yang berbeda-beda. Sebab pada hakekatnya
setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian sebagai akhir kehidupan
dunia.
@ä. <§øÿtR èps)ͬ!#s ÏNöqpRùQ$# 3 $yJ¯RÎ)ur cöq©ùuqè? öNà2uqã_é& tPöqt ÏpyJ»uÉ)ø9$# ( `yJsù yyÌômã Ç`tã Í$¨Y9$# @Åz÷é&ur sp¨Yyfø9$# ôs)sù y$sù 3 $tBur äo4quyÛø9$# !$u÷R$!$# wÎ) ßì»tFtB Írãäóø9$# ÇÊÑÎÈ
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan
Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa
dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah
beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang
memperdayakan. Qs. Ali – imron : 185.
B.
Kiamat kubro.
Pengetian kiamat kubro : Kiamat
adalah akhir dari kehidupan dunia sedangkan kubro adalah besar. Jadi kiamat
kubro kubro adalah akhir kehidupan dunia secara menyeluruh, setiap makhluk
hidup akan mati dalam waktu bersamaan. Dari sinilah dunia akan benar-benar
berakhir dan setiap manusia akan menuju alam akhirot, alam yang kekal abadi.
Nama lain Hari kiamat atau hari
akhir adalah :
1. Hari Kebangkitan Besar (Yaumul Qiyamah)
Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan dunia yang di
tandai dengan hancurnya seluruh makhluk yang telah di ciptakan Allah
2. Hari Pemisah (Yaumul Fashl)
Hari kiamat juga di sebut dengan yaumul fashl ,yang artinya
pemisah antara orang yang beriman dengan orang kafir.Pada hari itu manusia di
kelompokkan menurut keyakinan agamanya.
3. Hari Perhitungan (Yaumul hisab)
Yaumul Hisan adalah nama lain hari kiamat yang berarti hari
perhitungan seluruh amal perbuatan manusia.Pada hari itu ,amal manusia di
hitung dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal.
4. Hari Pertemuan (Yaumul Thalaq)
Yaumul thalaq yaitu hari pertemuan manusia dengan sesamanya
5. Hari berkumpul (Yaumul Jam`i)
Yaumul Jam`i adalah hari berkumpulnya seluruh manusia sejak
zaman Nabi Adam sampai dengan manusia akhir Zaman untuk di tanyakan seluruh
amal perbuatannya selama hidup di dunia.
6.Hari Berkumpul (Yaumul Mahsyar)
Yaumul Mahsyar adalah hari saat manusia di kumpulkan di padang
rumput mahsyar.Padang Mahsyar adalh daratan yang sangat luas tempat
berkumpulnya manusia di akhirat sejak Nabi Adam sebagai manusia yang pertama
sampai manusia terakhir yang lahir ke dunia.
7. Hari Kebangkitan (Yaumul Ba`ats)
Yaumul Ba`ats adalah hari saat manusia di bangkitan dari
kuburnya.Mahsyar adalah padang yang luas tempat berkumpulnya manusia setelah
Yaumul Ba`ats.
8. Hari Perhitungan (Yaumul Hisab )
Yaumul Hisab adalah hari saat datangnya perhitungan dari Allah
SWT terhadap amal perbuatan manusia selama hidupnya.Perbuatan manusia akan di
tanyakan oleh allah ,yang baik maupun yang buruk ,di perlihat kan semua .
9. Hari pertimbangan amal (Yaumul Mizan)
Yaumul Mizan adalah hari diadakannya timbangan amal perbuatan
yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia.Tidak ada suatu amalpun
yang terlewatkan .Semua akan di berikan balasan yang setimpal.
10.Hari Pembalasan (Yaumul Jaza )
Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan
manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis
amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia.Jika amalnya baik,maka
balasannnya berupa pahala dan surga,Sedangkan jika amalnya buruk,maka
balasannya adalah siksa neraka.
11. Hari yang menentukan (As-Sa`ah)
Hari kiamat adalah hari yang tepat dan menentukan.Terjadinya
kiamat merupakan saat yang telah di rancang dan ditentukan secara akurat.Tidak akan
ada kesalahan,tidak akan di mundurkan atau di majukan.Saat terjadinya telah
ditentukan menurut kehendak Allah yang mengusai alam ini.
12. Hari pembalasan Agama (Yaumul Diin)
Hari kiamat adalah hari pembalasan Agama.Artinya amal perbuatan
yang berkaitan dengan pengamalan agamanya akan di pertangunggjawabkan pada hari
tersebut.Termasuk amal shalat,puasa ,haji,zakat,shadaqah dan sebagainya.
Selain hari-hari di atas masih
terdapat penjelasan lain, namun yang terpenting bagi kita adalah kita harus
senantiasa berhati-hati dalam bertindak dan berbuat, menginngat bahwa di
akhirot kelak semua perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban dan seluruh
organ tubuh kita akan menjadi saksi atas semua perbuatan kita dan kita tidak
akan bias mengelak atau menghindar.
tPöqt ßpkô¶s? öNÍkön=tã öNßgçFt^Å¡ø9r& öNÍkÏ÷r&ur Nßgè=ã_ör&ur $yJÎ/ (#qçR%x. tbqè=yJ÷èt ÇËÍÈ
Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi
atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Qs. An-nur : 24.
2.
PERILAKU
TERPUJI.
A.
Qonaah.
Qona’ah ialah tenang hati, maksudnya seseorang yang memiliki sifat
qona’ah maka ia akan cenderung memiliki jiwa yang tenang, tenang di dalam
menghadapi suatu keadaan, menyelesaikan masalah dan dalam bertindak. Meskipun
demikian ia bukan berarti tidak memiliki inisiatif dan selalu pasrah dengan
keadaan, justru dengan sikap yang tenang ia menjadi arif dalam mengambil sebuah
keputusan, tidak mudah terpengaruh oleh suasana yang tidak menentu dan sering
membuat gaduh.
Seseorang yang memiliki sifat qona’ah akan berusaha dengan
sungguh-sungguh namun penuh ketenangan, ia akan bertindak sesuai prosedur dan
tidak mengharapkan sesuatu yang sekiranya di luar kemampuannya, namun dia akan
tetap berikhtiar melalui usaha dan do’a, semata-mata mencari ridho alloh.
B.
Tasamuh.
Tasamuh atau tenggang rasa yaitu adanya rasa peduli terhadap
sesame, terhadap lingkungan sekitar dan semua makhluk ciptaan Alloh.
Khususnya terhadapa sesame manusia, ia akan menjaga dan memahami
keadaan orang sekitar dengan cara mengontrol diri sendiri di dalam berbuat dan
bertindak, agar apa yang ia lakukan tidak merugikan orang lain.
Diakui atau tidak sesungguhnya diberi kebebasan dalam berbuat dan
bertindak akan tetap kebebasan itu tidaklah mutlak untuk dirinya, karena di
balik kebebasan dirinya terdapat hak orang lain atau makhluk lain di mana hak
itu pun sama seperti kita juga, apa bila kita berbuat sekehendak kita maka
orang lain menjadi terganggu, demikian juga sebaliknya apa bila orang lain
berkehendak semaunya maka kita pun juga akan terganggu, dari keadaan seperti
inilah islam mengajarkan umatnya untuk memiliki rasa peduli terhadap sesame dan
terhadap makhluk yang lain. Aturan yang berkaitan dengan sikap tenggang rasa
ini telah tercantum di dalam al-qur’an dan al-hadits rosululloh saw.
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷uqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ
Orang-orang
beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah
hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu
mendapat rahmat. Qs. Al-hujurot : 10.
$pkr'¯»t â¨$¨Z9$# $¯RÎ) /ä3»oYø)n=yz `ÏiB 9x.s 4Ós\Ré&ur öNä3»oYù=yèy_ur $\/qãèä© @ͬ!$t7s%ur (#þqèùu$yètGÏ9 4 ¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4 ¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ×Î7yz ÇÊÌÈ
Hai
manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang
perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu
saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu
disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah
Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. . Qs. Al-hujurot : 13.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar